Masjid Unik

Sebagian besar masjid bersejarah bukanlah bangunan yang berdiri sendiri. Banyak lembaga amal yang tergabung seperti dapur umum, rumah sakit, dan sekolah. Beberapa pengunjung masjid juga memilih untuk memasukkan makam mereka sendiri sebagai Kubah Masjid Terkenal Di Dunia bagian dari kompleks masjid mereka. Wakaf lembaga amal merupakan aspek penting dari budaya Islam, sebagian karena rukun Islam ketiga, yang menyerukan umat Islam untuk menyumbangkan sebagian dari pendapatan mereka kepada orang miskin.

Pendirian masjid akan dilihat sebagai tindakan saleh dari penguasa atau pelindung kaya lainnya, dan nama-nama pelindung biasanya termasuk dalam dekorasi kaligrafi masjid. Prasasti semacam itu juga sering memuji kesalehan dan kemurahan Kubah Masjid hati pelindung. Misalnya, mihrab sekarang di Museum Seni Metropolitan, bertuliskan:

Dan dia [Nabi], berkat dan saw, mengatakan: “Barang siapa membangun masjid untuk Allah, bahkan ukuran sarang belibis pasir, berdasarkan takwa, [Allah akan membangunkan untuknya sebuah istana di surga]. ”

Oleh karena itu, patronase masjid bukan hanya tindakan amal, tetapi juga, seperti patronase arsitektural di semua budaya, merupakan kesempatan untuk promosi diri. Layanan sosial yang melekat pada masjid sultan Ottoman adalah beberapa yang paling luas dari jenisnya. Di Turki Utsmaniyah, kompleks yang mengelilingi masjid disebut kulliye. Kulliye Masjid Sultan Suleyman, di Istanbul, adalah contoh bagus dari fenomena ini, yang terdiri dari dapur umum, rumah sakit, beberapa sekolah, pemandian umum, dan karavan (mirip dengan asrama untuk pelancong). Kompleks ini juga mencakup dua makam untuk Sultan Suleyman dan anggota keluarganya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *