HAKI: Mengapa Mengurus Hak Merek

Seperti yang Anda duga, Anda secara hukum berhak atas hak kepemilikan atas setiap “ciptaan pikiran” yang Anda hasilkan. Berdasarkan undang-undang kekayaan intelektual, Anda diberikan hak kepemilikan tunggal untuk jangka waktu tertentu yang telah ditentukan sebelumnya. Bergantung pada jenis kekayaan intelektual yang dipermasalahkan, lamanya haki waktu ini dapat bervariasi.

Ada tiga jenis perlindungan utama yang dapat Anda peroleh untuk properti Anda: paten, hak cipta, dan merek dagang. Jenis kekayaan intelektual keempat, yang dikenal sebagai rahasia dagang, tidak diberikan keamanan oleh undang-undang tetapi dirahasiakan oleh pemiliknya melalui caranya sendiri.

Paten

Paten adalah bentuk perlindungan hukum yang diberikan pemerintah untuk apa pun yang Anda ciptakan. Cakupan Penemuan yang dicakup oleh undang-undang paten, bagaimanapun, sangat kabur. Secara umum, penemuan didefinisikan sebagai “segala sesuatu yang memberikan solusi baru untuk masalah teknis”. Ini mungkin termasuk proses atau entitas fisik.

Sebelum pemerintah memberi Anda hak paten atas penemuan Anda, Anda harus terlebih dahulu memberikan beberapa klaim yang menunjukkan bahwa kreasi Anda baru dan bermanfaat. Setelah Anda melakukannya, Anda akan diberikan hak kepemilikan eksklusif yang akan berlaku rata-rata selama 20 tahun. Setelah paten tersebut kedaluwarsa, orang lain akan diberi akses ke penemuan Anda dan oleh karena itu mendapatkan kesempatan untuk mengembangkannya lebih lanjut.

Hak Cipta

Hak cipta melindungi karya “sastra dan seni” agar tidak dicuri dan direproduksi oleh pihak lain. Beberapa item yang lebih umum yang biasanya tercakup dalam undang-undang hak cipta meliputi:

Buku, tulisan jurnalistik, puisi, artikel, dan ceramah
Komposisi musik
Karya seni visual
Koreografi
Karya sinematografi
Program komputer dan karya teknologi lainnya
Untuk mendapatkan perlindungan hak cipta, ia harus mendaftarkan karya tersebut ke pemerintah. Banyak negara di seluruh dunia menetapkan jangka waktu perlindungan seumur hidup penulis ditambah tambahan 50 atau 70 tahun setelah kematiannya.

Merek Dagang

Merek dagang adalah tanda, simbol, desain, semboyan, logo, atau slogan yang membedakan perusahaan atau badan usaha. Tanda-tanda ini memungkinkan konsumen untuk segera menentukan siapa yang memasarkan produk tertentu. Merek dagang dapat didirikan baik melalui pendaftaran resmi atau melalui penggunaan sederhana tanda di pasar umum. Namun, untuk mendapatkan perlindungan penuh atas merek dagang, seseorang harus mendaftarkannya ke kantor merek dagang.

Anda dapat memperbarui periode perlindungan merek dagang Anda setelah kedaluwarsa. Ini memungkinkan Anda untuk memiliki perlindungan simbol atau ucapan yang tidak terbatas, jika Anda memilihnya.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *